Rabu, 28 Desember 2011

KRISIS EKONOMI GLOBAL DAN ISLAM

Saat ini dunia sedang dilanda kiris ekonomi, krisis ekonomi ini bermula dari krisis ekonomi yang mendera Amerika Serikat. Dampak dari krisis ekonomi yang menimpa Amerika Serikat sangat terasa efeknya bagi negara-negara didunia. Termasuk dinegara-negara yang terkenal dengan sektor perekonomiannya yang kuat pun merasakan dampak yang sangat besar karena lesunya pasar modal dimasing-masing negara, sehingga banyak negara yang menyuntikan dananya kepada pasar modal masing-masing untuk membangkitkan pasar modal. Bahkan perusahaan ternama yang terkenal seperti Lehman Brothers yang merupakan pialang utama dalam pasar sekuritas perbendaharaan negara Amerika Serikat pun sempat dinyatakan koleps.
Banyak para ahli ekonomi menyikapi krisis yang menimpa negara Amerika Serikat ini dengan berbagai macam pendapat, ada yang berpendapat bahwa ekonomi Amerika Serikat sedang mengalami krisis ekonomi yang bersifat hanya sementara waktu dan tidak akan bersifat dalam jangka waktu yang lama, dan ada pula yang sebaliknya. Disini saya berpendapat, bahwa paling sedikit ada tiga alasan mengapa krisis ekonomi yang menimpa Amerika Serikat dan mempunyai dampak pada ekonomi global bisa terjadi. alasan yang pertama adalah banyaknya kredit macet yang terjadi di Amerika sama halnya pada Indonesia saat awal mengalami krisis moneter, yang kedua adalah tergerusnya dana kas negara Amerika Serikat untuk membiayai invasi-invasi negara Amerika Serikat, saya ingin menambahkan sedikit Informasi tentang invasi yang dilakukan oleh US dibawah George W Bush di Irak bahwa issue yang dihembuskan sebelum Invasi ke Irak yaitu senjata pemusnah massal tetapi sampai sekarang pun belum terbukti dan menjadi sebuah kebohongan publik yang menurut saya sangat fatal dampaknya, bagaimana menurut anda?. Kita tinggalkan alasan kedua dan beralih ke alasan ketiga yaitu Amerika Serikat boleh dikatakan adalah sebuah negara yang sangat kental dengan ekonomi kapitalis.
Dari ketiga alasan yang saya kemukakan diatas saya sangat tertarik mencermati alasan / poin ketiga sistem ekonomi kapitalis adalah sistem ekonomi yang dan memberikan kebebasan penuh pada setiap orang untuk melakukan kegiatan perekonomian dan biasanya berkekuatan / menekankan pada unsur modal jadi siapa yang mempunyai modal yang kuat maka dia yang bisa survive. Dan Ekonomi Islam pun hadir sebagai solusi yang cerdas dan amanah dan merupakan ilmu pengetahuan Sosial yang mempelajari masalah-masalah ekonomi rakyat yang dilhami oleh nilai-nilai Islam. Ekonomi syariah berbeda dari kapitalisme, sosialisme, Berbeda dari kapitalisme karena Islam menentang eksploitasi oleh pemilik modal terhadap yang miskin, dan melarang penumpukan kekayaan. Selain itu, ekonomi dalam kaca mata Islam merupakan tuntutan kehidupan sekaligus anjuran yang berprinsip pada nilai ibadah.
Ekonomi syariah sangat menarik untuk digunakan sebagoi solusi karena sekali lagi mempunyai unsur-unsur keadilan didalamnya yang mempunyai akad-akad didalamnya yang menekankan keadilan dalam berbagi masalah perekonomian karena didalam akad-akad dalam ekonomi syariah terdapat ijab dan kabul dalam setiap kegiatan perekonomian, jadi mampu meminimalisir ketidakpuasan atau ketidakadilan antara pelaku ekonomi. dan Satu lagi ekonomi syairiah berbeda dengan sistem ekonomi yang lain karena tidak adanya unsur Riba. Dan banyak lagi unsur-unsur yang bisa digali dan bisa menjadikan ekonomi Islam sebagai solusi masalah perekonomian baik di Indonesia bahkan didunia.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar